PROFIL



PROFIL PROGRAM STUDI KEAHLIAN TATA NIAGA
KOMPETENSI KEAHLIAN PEMASARAN
SMK NEGERI 1 BATANG

KODE : 6054
BIDANG STUDI KEAHLIAN        : BISNIS DAN MANAJEMEN
PROGRAM STUDI KEAHLIAN    : TATA NIAGA
KOMPETENSI KEAHLIAN               : PEMASARAN

Definisi
Program keahlian yang mempelajari mengenai kompetensi siswa di bidang pemasaran. Pemasaran merupakan suatu rangkaian kegiatan yang saling mempengaruhi yang ditujukan untuk membuat rencana, menetapkan harga, meningkatkan penjualan, serta mendistribusikan produk-produk supaya memuaskan semua pihak yang berhubungan dengan perusahaan.

Tujuan Kompetensi Keahlian Pemasaran
Tujuan Kompetensi Keahlian Pemasaran adalah menyiapkan siswa/tamatan dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten : 
  1.  Memasuki lapangan kerja serta dapat mengembangkan sikap professional dalam lingkup keahlian Bisnis dan Manajemen, khususnya bidang Pemasaran. 
  2. Mampu memilih karier, mampu berkompetensi dan mampu mengembangkan diri dalam lingkup keahlian Bisnis dan Manajemen, khususnya bidang Pemasaran.
  3. Menjadi tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan dunia usaha dan industri pada saat ini maupun masa yang akan datang dalam lingkup keahlian Bisnis dan Manajemen, khususnya bidang Pemasaran.
  4.  Menjadi warga negara yang produktif, adaptif, selektif, dan kreatif.

 Jabatan dan Lingkup Pekerjaan :
Bidang pekerjaan yang dapat diisi oleh tamatan Kompetensi Keahlian Pemasaran antara lain :
            -  PNS
-  TNI/Polri
-  Pegawai Perusahaan, baik BUMN maupun BUMS
-  Perawat
-  Pramuniaga (Tenaga Penjual).
-  Tenaga Pemasaran.
-  Kasir
-  Tenaga Pembelian.
 -  Pengelola gudang.
-  Tenaga administrasi
-  Perantara dagang (Agen, Distributor, Dealer, dll)
            -  Berwirausaha
            -  Melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar